Siap Melahirkan dengan Rajin Berolahraga Saat Hamil

Rajin Olahraga

Keselamatan ibu hamil dan janin yang ada didalam kandungannya merupakan hal yang paling penting. Terlebih sang janin masih dalam kondisi rentan terutama pada awal masa kehamilan sehingga proteksi perlu diberikan betul oleh sang ibu kepada sang janin.

Bentuk perlindungan yang bisa diberikan oleh ibu hamil yakni menjaga betul kesehatan tubuhnya. Ibu hamil perlu menjaga kesehatan tubuhnya dengan menjaga asupan nutrisi sehari-hari seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, menjaga Multivitamin sejak awal kehamilan dan menghindari aktivitas yang terlalu ekstrim. Meskipun demikian, bukan berarti ibu hamil perlu menghindari olahraga karena olahraga tetap penting untuk menjaga kebugaran sang ibu. Lalu, bagaimana cara berolahraga yang aman untuk ibu hamil?

Squat

Salah satu Gerakan olahraga yang sangat disarankan untuk ibu hamil adalah squat. Gerakan ini dilakukan dengan cara berjongkok kemudian berdiri secara perlahan. Selain aman, Gerakan ini juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil yang tengah mendekati waktu persalinan. Sebab, Gerakan squat akan membantu proses persalinan agar lebih mudah sekaligus mempercepat proses pembukaan.

Untuk melakukan Gerakan squat yang benar, Anda bisa memulai dengan berdiri dan melebarkan kaki. Setelah itu, turunkanlah tubuh secara perlahan sampai posisi jongkok dengan posisi punggung tetap tegak seperti saat berdiri. Tahan posisi squat sampai setidaknya 30 detik dan secara perlahan berdiri kembali tanpa menggunakan tangan sebagai penopang atau bantuan. Lakukan proses ini secara berulang kali sampai setidaknya 20 menit dan proses persalinan pun akan berjalan lebih mudah.

Yoga kupu-kupu

Yoga merupakan olahraga yang paling tepat untuk ibu hamil. Gerakan saat yoga dapat menyehatkan tubuh sekaligus membantu proses persalinan ibu hamil agar berjalan lebih lancar. Salah satu Gerakan yoga yang sangat dianjurkan adalah posisi kupu-kupu.

Posisi kupu-kupu bisa dilakukan untuk melatih otot paha agar lebih kuat saat menjalani proses persalinan nantinya. Selain itu, posisi ini juga berguna untuk mengurangi risiko sakit punggung yang seringkali dialami oleh ibu hamil. Untuk melakukan posisi kupu-kupu saat yoga juga sangatlah mudah, Anda bisa mengambil posisi duduk bersila dengan posisi punggung tegak. Setelah itu, pertemukan kedua telapak kaki didepan dan dorong lutut hingga menyentuh lantai secara perlahan. Tahan posisi ini sampai setidaknya 20 detik dan ulangi sampai dirasa cukup.

Demikian dua Gerakan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil agar tubuhnya tetap bugar. Lengkapi juga dengan mempelajari lebih banyak berbagai info seputar kesehatan dengan rutin membaca info kesehatan dari sumber yang terpercaya dan mempersiapkan obat dari programĀ  promo obat muntah anak di goapotik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *