Pengertian dan Fungsi Genset

Genset

Genset merupakan peralatan yang berguna yang memasok daya listrik selama pemadaman listrik dan mencegah diskontinuitas kegiatan sehari-hari atau gangguan operasi bisnis. Generator tersedia dalam konfigurasi listrik dan fisik yang berbeda untuk digunakan dalam aplikasi yang berbeda. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara kerja genset, komponen utama dari genset, dan bagaimana generator beroperasi sebagai sumber sekunder dari daya listrik dalam aplikasi perumahan dan industri.

Kapasitas daya

Power Factor (Faktor Daya) yang juga selalu ditulis sebagai cos Ø, merupakan bagian yang cukup penting dalam pengoperasian suatu Generator Listrik. Karena menurunnya faktor daya (cos Ø) akan berakibat turunnya efisiensi pembangkit dalam menampung beban kerja serta akan memperbesar kemungkinan terjadinya kerusakan pada sistem pembangkit atau sistem beban listrik, sehingga perlu adanya usaha untuk memperbaiki faktor daya tersebut.

Untuk kepentingan perbaikan faktor kerja ini, diperlukan pemasangan beberapa unit kapasitor yang dihubungkan secara paralel terhadap sistem pembangkit listrik ayng kita kenal sebagai Capacitor Bank dan dilengkapi dengan Power Factor Automatic Regulator (pengatur otomatis kerja Capacitor) dan berfungsi memperbaiki faktor daya pembangkit melalui pengoperasian secara otomatis unit-unit kapasitor berdasarkan besar/kecilnya beban kerja pembangkit (daya reaktif).

1. Segi ekonomi

Jika Anda bertanya apa manfaat genset jika dilihat dari segi ekonomi, maka mungkin sebagian orang yang memiliki alat tersebut akan menjawab bahwa genset bermanfaat untuk menunjang aktivitas produksi di saat listrik yang disalurkan oleh PLN padam. Sebagai contoh ada seorang pengusaha di bidang restoran yang membutuhkan listrik untuk produksi es krim maupun produk lain dengan menggunakan alat-alat listrik untuk melayani keinginan pelanggan, namun ketika listrik padam, tentunya pemilik restoran tersebut memiliki kesulitan untuk memenuhi keinginan pelanggan tepat waktu, terutama ketika sebagian bahan makanan yang ada harus diolah dengan menggunakan alat listrik. Itu sebabnya keberadaan genset akan sangat membantu dalam proses produksi produk yang berakibat pada jalannya kegiatan ekonomi. Hal yang sama tentunya juga terjadi pada sebuah pabrik konveksi, dimana untuk produksinya dibutuhkan listrik yang cukup besar dan ketika listrik padam, tentu dibutuhkan tenaga alternatif yang akan menjamin keberlangsungan produksi demi peningkatan keuntungan yang diperoleh.

2. Segi kelistrikan

Ketika Anda berbicara tentang genset dari segi kelistrikan, Anda tentu memahami bahwa genset mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi mekanik. Namun tentu tidak hanya itu saja, karena genset memiliki sistem generator yang akan mengubah arus DC menjadi arus AC atau sebaliknya yang digunakan untuk menyalakan listrik sesuai dengan rancangan listrik yang ada pada bangunan atau gedung yang bersangkutan.

3. Segi kebutuhan

Pada saat Anda menggelar sebuah acara di area terbuka atau untuk acara desa, tentu Anda akan membutuhkan pasokan listrik yang cukup besar. Namun bagaimana caranya jika di sekeliling tidak ada energi listrik yang cukup memadai untuk menyalakan semua peralatan? Maka terkait hal tersebut salah satu jalan keluar yang dapat dimanfaatkan adalah genset. Dengan menggunakan genset, Anda akan dapat menggelar acara hajatan atau acara kampanye di desa tanpa khawatir listrik akan padam mendadak. Jika terkait segi kebutuhan, umumnya genset yang difungsikan untuk membantu memiliki kapasitas daya antara 220 hingga 300 volt

Anda dapat menggunakan genset dengan hanya menyewanya tanpa membeli. Sebaiknya selalu sewa genset berkualitas dan juga memiliki Eco power agar genset dapay selalu bekerja optimal dan hemat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *