Cara Mudah Mengusir Nyamuk dengan Alat Usir Nyamuk Alami

Mengusir Nyamuk

Memasuki musim penghujan, para orang tua memang acap kali khawatir dengan kesehatan anak. Pasalnya, serangan nyamuk semakin meningkat lantaran semakin banyaknya genangan air yang menjadi wadah berkembangbiak hewan penghisap darah ini. Namun tidak perlu panik sekarang, karena Anda bisa menyimak cara mudah mengusir nyamuk dengan alat usir nyamuk alami di ulasan berikut ini!

Tips Mengusir Nyamuk Instan

Ada banyak sekali cara mudah untuk mengusir nyamuk dan kawanannya di rumah. Tidak perlu cara yang spesial, Anda hanya perlu melakukan beberapa tindakan sederhana berikut ini agar bisa membasmi nyamuk.

Pertama, Anda bisa melakukan pemberantasan nyamuk dengan menggunakan bubuk Abate, fogging, atau memberantas sarangnya langsung. Selain itu, Anda juga jangan sampai menyimpan banyak tumpukan baju kotor di area tertutup karena ini bisa menjadi sarang nyamuk. Anda juga bisa memilih interior rumah dengan lapisan warna-warna terang agar nyamuk tidak datang untuk hinggap.

Anda bisa memaksimalkan sirkulasi udara dan juga pencahayaan rumah Anda agar nyamuk tidak suka berada di dalam rumah Anda. Tidak hanya itu, Anda juga harus memangkas tanaman dan merawatnya dengan rutin agar nyamuk menyingkir jauh. Terakhir, memasang kelambu nyamuk pada area tidur dan menyiapkan raket nyamuk juga bisa dilakukan.

Alat Usir Nyamuk Alami dari Tanaman

Menyemprot obat anti nyamuk tentu tidak baik untuk kesehatan keluarga. Jika menggunakan raket nyamuk, tentu penggunaannya sangat tidak efisien dan menguras tenaga. Lalu apa yang harus kita lakukan agar nyamuk tidak bersarang dan berkembang biak di rumah?

Tidak perlu kebingungan. Anda bisa memanfaatkan beberapa alat usir nyamuk alami yang dapat ditemukan di sekitar Anda. Selain mengusir nyamuk, Anda juga sudah turut menjaga kesehatan dan kelestarian lingkungan dengan meminimalisir penggunaan zat-zat kimia. Lalu apa saja alat untuk mengusir nyamuk secara alami?

1. Bunga Kenikir, Kamboja, atau Geranium

Menurut penelitian, ada beberapa jenis bunga yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, yakni bunga-bunga jenis Marigold, Kamboja, hingga Geranium. Selain itu, Selasih, Zodia, dan Bawang Putih juga bisa mengusir hewan kecil satu ini.

Tanaman-tanaman tersebut dapat mengusir nyamuk karena bau alami mereka yang sangat menyengat. Letakkan salah satu tanaman tersebut di dalam rumah Anda agar nyamuk tidak mendekat. Selain mengusir nyamuk, ketiga tanaman tersebut juga mampu memaksimalkan sirkulasi udara di rumah Anda.

2. Kayu Putih

Selain tanaman di atas, ada kayu putih yang bisa digunakan mengusir nyamuk. Jika ingin hasil maksimal, tanamlah pohon kayu putih di luar rumah dan oleskan minyak kayu putih atau minyak telon di area tubuh Anda. Tentunya, perlindungan berlapis ini akan mampu melindungi Anda dari gigitan-gigitan nyamuk menyebalkan di kulit Anda.

3. Lavender dan Serai

Terakhir, ada Lavender dan Serai yang juga bisa dipakai untuk mengusir nyamuk. Uniknya, meski wangi tanaman ini sangat harum untuk manusia, namun wangi keduanya justru memuakkan bagi nyamuk. Inilah mengapa menanam Lavender di dalam rumah akan efektif mengusir hewan penghisap ini. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan wewangian Lavender di tubuh Anda agar nyamuk takut untuk mendekat.

Demikian ulasan tentang cara mengusir nyamuk dan beberapa jenis alat usir nyamuk alami. Semoga ulasannya bermanfaat dan bisa menjauhkan rumah Anda dari serangan nyamuk dan juga bisa melindungi Anda dari berbagai penyakit mematikan akibat gigitan hewan kecil satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *