Apa Itu Covid- 19? Yuk Cari Tahu Di SehatQ

Covid- 19

Virus yang telah merebak sejak Desember 2019 ini merupakan salah satu jenis Corona baru dengan nama novel coronavirus. Dimana virus ini pertama kali menyebar melalui salah satu pasar hewan yang berada di kota Wuhan, China. Akibat dari virus ini, beberapa kota di China pun mengalami isolasi menyusul dengan kota lain yang ada di dunia seperti Daegu di Korea Selatan, hingga beberapa kota di Italia. Untuk mengenal lebih jauh virus ini, simak ulasan yang dikutip dari SehatQ.

Apa Itu 2019 Novel Coronavirus? Simak Ulasannya Disini!

Corona sendiri merupakan salah satu jenis virus yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Dimana diantaranya adalah seperti batuk dan pilek hingga penyakit parah yang lain. Sebut saja seperti Severe Acite Respiratory Syndrome atau SARS dan juga Middle East Respiratory Syndrome atau yang disebut juga dengan MERS. Untuk virus dengan jenis Corona baru ini kembali ditemukan di penghujung tahun 2019.

Tepatnya bersumber di kota Wuhan yang berada di China. Dikutip dari SehatQ, virus satu ini pun dikenal dengan 2019 novel coronavirus atau 2019-nCoV. Dimana hal ini menimbulkan wabah yang dikenal dengan Covid-19. Hingga saat artikel ini dituliskan, para peneliti pun telah bekerja sama untuk lebih menggali informasi yang berkaitan dengan virus satu ini. Dimana dengan melacak penyebaran infeksi dan juga memberikan informasi yang berisi pencegahan dari wabah ini.

Gejala Yang Biasanya Terjadi Pada Penderita

Bagi anda yang menderita flu ringan dan juga disertai deman hingga radang paru paru atau pnemonia, maka anda pun sebaiknya segera memeriksakan diri anda. Terutama bagi anda yang baru saja berkunjung ke beberapa negara yang terjangkit virus satu ini. Untuk gejala yang biasanya akan terlihat dari virus ini adalah demam dan mengalami gejala flu seperti batuk dan juga sakit tenggorokan hingga sesak nafas.

Pada umumnya keluhan dari seseorang yang terpapar virus corona akan muncul pada 2 hingga 14 hari setelah terjadinya paparan virus. Hal ini dikarenakan masa inkubasi dari virus satu ini adalah sekitar dua minggu, bahkan tak sedikit orang yang pada awalnya tak menimbulkan gejala namun ternyata menderita virus ini. Virus tersebut biasanya akan menyerang seseorang yang lanjut usia dan juga yang memiliki sistem kekebalan umum yang rendah.

Diagnosis Yang Bisa Dilakukan Ketika Terkena Virus Satu Ini

Bagi anda yang memiliki keluhan seperti infeksi saluran pernafasan lainnya, maka anda pun bisa mengunjungi rumah sakit terdekat dan melakukan diagnosis. Hal yang biasanya akan dilakukan adalah dokter harus mengambiil sampel darah dan juga dahak. Selain itu, dokter pun juga perlu melakukan swab pada tenggorokan penderita untuk memeriksa apakah ia menderita dan terpapar virus satu ini.

Tak hanya itu saja, dokter pun juga perlu untuk melakukan rontgen dada untuk melihat ada atau tidaknya cairan pada paru. Sampel darah, dahak dan juga swab tersebut akan dibawa menuju laboratorium. Sehingga hal ini dapat sebagai salah satu prosedur yang bisa dilakukan untuk mengetes apakah orang tersebut terkena virus corona atau tidak.

Untuk itu, anda pun perlu untuk menjaga kesehatan dan tidak bersentuhan kepada penderita. Hal ini dikarenakan penyebaran virus ini biasanya akan terjadi pada seseorang yang terkena liur ataupun cairan yang berasal dari tubuh penderita. Sehingga dengan mencuci tangan menggunakan sabun ataupun hand sanitizer dapat sebagai salah satu upaya untuk mencegah meluasnya wabah satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *