8 Fakta Menarik Tentang Kucing Hutan Norwegia yang Nyaris Punah

Kucing Hutan Norwegia

Pernahkah Anda melihat kucing yang anggun jalannya dengan bulu lebat dan panjang yang tidak seperti kucing lokal pada umumnya? Ya, jika Anda pernah melihatnya atau mungkin saat ini memeliharanya, kucing tersebut bernama Kucing Hutan Norwegia. Yuk, kita simak beberapa fakta menarik tentang kucing yang membuat para cat lovers jatuh cinta ini.

Fakta Menarik Norwegian Forest

Disebut dengan nama aslinya yakni Norwegian Forest, kucing yang memiliki sejarah sangat panjang dan hampir terancam punah selama Perang Dunia 2 ini pasti akan membuat jatuh hati siapapun yang melihatnya. Tidak hanya keindahan fisiknya, kucing ini juga sangat pas dijadikan peliharaan lantaran sikap baiknya. Lalu, kira-kira apa saja ya fakta menarik dari Kucing Hutan Norwegia berikut ini?

1. Lebih Besar dari Kucing Biasa

Jika ditimbang, rata-rata bobot dari Norwegian Forest memang lebih berat dari kucing biasa pada umumnya. Jika berat mereka hanya mencapai 3,6 hingga 4,2 kg saja di usia dewasa, maka berat dari Norwegian Forest bisa mencapai 8 kg untuk indukan betina dan 9 kg untuk pejantan.

2. Panjang Tubuh Berbeda

Seperti bobotnya, panjang tubuh Norwegian Forest juga berbeda dari kucing biasa. Kucing ras unik ini bisa mencapai panjang 100 cm sementara kucing biasa hanya mampu mencapai panjang hingga 46 cm saja.

3. Bulunya Tebal dan Panjang

Bulu-bulu dari Norwegian Forest dikenal sangat tebal dan panjang dimana ada lapisan lemak di bawahnya. Hal ini mungkin berhubungan dengan daerah asal kucing ini yang mana di tanah Eropa Utara, cuacanya dikenal sangat dingin dan hampir mencapai titik beku.

Tebalnya bulu-bulu Norwegian Forest mungkin untuk membuat mereka beradaptasi dengan cuaca dan untuk senjata mereka bertahan hidup di suhu ekstrem.

4. Banyak Dipelihara di Indonesia

Meski kucing ini habitatnya berada di cuaca dingin, namun siapa sangka jika Norwegian Forest banyak menarik minat para catlovers tanah air. Itulah mengapa di Indonesia banyak kucing jenis ini dipelihara. Hal ini boleh saja, namun Anda harus tahu benar bagaimana cara perawatannya agar kucing cantik ini tidak tersiksa dengan panasnya suhu di Indonesia.

5. Memiliki Sejarah Panjang

Menurut sejarah, kucing ini sudah ada sejak zaman dulu. Bahkan, Norwegian Forest sempat muncul di beberapa mitologi dan cerita rakyat sehingga banyak orang yang menebak dari mana ras kucing ini berasal. Salah satu mitos paling dipercaya adalah Norwegian Forest dibawa oleh bangsa Viking dalam kapal mereka selama berlayar dan digunakan untuk mengusir tikus.

6. Kerabat Dekat Kucing Maine Coon

Di dalam keluarga kucing, ras Norwegian Forest berkerabat dekat dengan ras Maine Coon. Inilah mengapa kedua jenis kucing ini hampir terlihat mirip dan cukup sulit untuk dibedakan.

7. Sifatnya Sabar dan Ramah

Lantaran sikapnya yang sangat penurut dan ramah, maka tidak mengherankan jika kucing ini menjadi favorit untuk hewan peliharaan. Selain itu, Norwegian Forest juga tidak mudah stres dan dapat dengan siapapun yang mendekat padanya, termasuk anjing atau hewan lainnya.

8. Hampir Punah Saat Perang Dunia Kedua

Terakhir, kucing jenis ini hampir punah selama masa Perang Dunia 2 lho. Pasalnya, kucing ini melakukan perkawinan silang dengan ras domestik Norwegia yang berbulu pendek. Untungnya, para cat lovers di zaman itu berjuang untuk mempertahankan ras ini dari kepunahan dan menjadi kucing nasional khas Norwegia.

Demikian ulasan tentang fakta-fakta menarik dari bernama Kucing Hutan Norwegia. Semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *