Selain Gitar, Ternyata Ada Alat Musik Petik Bagus Lainnya Lho!

Di seluruh belahan dunia banyak sekali tersebar alat musik petik modern maupun tradisional yang berbagai macam. Apa sih alat musik? Alat musik adalah sebuah instrumen yang diciptakan maupun dibuat dalam tujuan untuk dapat menghasilkan bunyi yang harmonis. Alat musik dibagi menjadi beberapa kategori seperti dalam hal cara memainkannya, hingga daerah asalnya karena memang jumlahnya yang banyak.

Sebenarnya sebuah alat musik terbagi menjadi lima kategori dalam memainkannya diantaranya adalah alat musik tiup, alat musik gesek, alat musik petik, alat musik pukul dan alat musik tekan.

Nah, di artikel ini kami akan membahas mengenai alat musik yang cara memainkannya dengan dipetik. Semua alat musik petik hampir seluruhnya memiliki atau menggunakan senar maupun dawai untuk menghasilkan suaranya. Tetapi tidak semua alat musik yang memiliki senar atau dawai dapat dimainkan dengan cara dipetik, contohnya saja Biola dan Violin yang termasuk dalam kategori alat musik gesek.

  1. Gitar
Sumber : id.yamaha.com

Seperti yang kita ketahui, bahwa gitar adalah alat musik petik yang paling terkenal di dunia. Di Indonesia sendiri gitar akustik yamaha paling di cari-cari dan digunakan. Pasalnya gitar memiliki 6 buah senar dawai yang dapat menghasilkan bunyi berbeda serta terdapat badan dan leher gitar yang terbuat dari kayu. Supaya nada yang dihasilkan indah, kamu harus memainkannya dengan cara dipetik menggunakan jari. Gitar sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, seperti Bass dan akustik. Banyak juga kok aksesoris gitar yang bisa kamu tambahkan untuk menambah tampilan dan melindunginya dari benturan dan goresan.

  1. Ukulele
Sumber : Shopee.co.id

Sepintas ukulele memiliki bentuk yang hampir sama dengan gitar, namun sebenarnya alat musik petik yang satu ini punya ukuran yang lebih kecil dari gitar dan bisa dikatakan versi mininya gitar. Dalam musik keroncong, ukulele ini menjadi sebuah alat musik yang paling utama dan harus ada. Ukulele sendiri merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Hawaii.

  1. Kecapi
Sumber : silontong.com

Kecapi adalah alat musik tradisional yang berasal dari sunda. Instrumen ini tak hanya terkenal di daerahnya melainkan penduduk jawa juga mengenalnya. Berbeda dengan gitar, kecapi memiliki dawai yang lebih banyak antara 15 hingga 20 dawai lho. Kecapi juga terbagi menjadi dua jenis yakni, kecapi perahu dan kecapi siter.

  1. Shamisen
Sumber : etsy.com

Shamisen ini merupakan alat musik petik yang berasal dari Jepang. Alat musik ini memiliki arti tiga garis dan sangat khas di Jepang. Uniknya, Shamisen sangat berbeda dengan gitar atau ukulele yang hanya memiliki 3 buah dawai petik menggunakan alat bernama bachi.

  1. Harpa
Sumber : dictio.id

Harpa adalah alat musik petik yang paling tua di dunia. Pasalnya harpa berbentuk segitiga dan memiliki warna emas. Alat musik petik yang satu ini memiliki tiga bagian utama diantaranya ada sound board, Neck dan String. Memiliki jumlah dawai 22 hingga 47 senar yang bervariasi tergantung pada bentuknya. Harpa dapat dimainkan secara tunggal tetapi sering sekali dimainkan ketika orkestra.

  1. Harp Guitar
Sumber : emeraldguitars.com

Seperti namanya Harp Guitar atau gitar harpa adalah alat musik dari penggabungan gitar dan harpa. Bentuknya sih mirip dengan gitar hanya saja di bagian atasnya terdapat alat musik lainnya yakni harpa. Harp Guitar memiliki dua jenis yang sama seperti gitar yakni elektrik dan akustik.

6 jenis alat musik petik diatas tentu menghasilkan bunyi yang berbeda. Akan terdengar lebih indah jika kita memainkannya secara bersamaan untuk melestarikan budaya terhadap warisan para leluhur. Tertarik untuk mencoba memainkan salah satunya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *