6 Fitur Menarik dari Andoid Q

Android Q

Android Q, versi terbaru sistem operasi Android akan diluncurkan pada kuartal ke-3 tahun 2019. Hingga saat ini, versi Beta 2 Android Q sudah diluncurkan dan dapat diunduh di smartphone seri Pixel, Pixel 2 dan Pixel 3.

Ada beberapa fitur baru yang menonjol dari sistem operasi ini,

1. Kontrol Izin Aplikasi Lebih Luas

Kalau biasanya pop-up izin aplikasi muncul setiap saat pengguna membuka aplikasi, di Android Q nanti pengguna bisa memilih mengizinkan akses ke aplikasi dengan tiga opsi: sepanjang waktu, hanya pada saat aplikasi digunakan, atau menolak akses.

Google mencatat, di Android Q, pengguna diberikan kontrol akses aplikasi lebih luas. Pengguna bisa mengontrol akses ke foto, video, dan audio lewat perizinan yang lebih tertata, sehingga tidak ada lagi pop-up mengganggu yang muncul terus menerus menanyakan izin aplikasi.

2. Opsi Tema Baru

Pengguna bisa mengkostumisasi tema smartphone di sistem operasi Android Q. Di Beta 1, pengguna bisa mengganti aksen warna user interface (UI) secara keseluruhan, yang terdiri dari pilihan warna biru, hijau, ungu, dan hitam.

Sementara di Beta 2, terdapat fitur Pixel Themes. Meskipun belum difungsikan, banyak yang berasumsi Pixel Themes akan dirampungkan di versi final Android Q nanti.

3. Fitur Rekam Built-In-Screen

Kalau biasanya pengguna harus mengunduh aplikasi untuk merekam video di smartphone, maka dengan sistem operasi Android Q, pengguna bisa langsung merekam menggunakan fitur rekam built-in-screen. Fitur ini sudah hadir di versi Beta 1 Android Q.

4. Improvisasi Share Menu

Share menu yang dimiliki Android sekarang terbilang masih belum sempurna, meskipun berfungsi dengan baik. Untungnya, di Android Q, share menu mendapat perhatian khusus.

Google telah mengimprovisasi share menu dan mengenalkan Sharing Shortcuts dalam Android Q. Sharing Shortcut memungkinkan pengguna untuk membagikan foto, video, dan file lainnya secara lebih cepat.

5. Dukungan Lebih Baik Untuk Smartphone Foldable

Maraknya smartphone foldable atau smartphone yang bisa dilipat ke samping, seperti Galaxy Fold, membuat Android Q turut mengoptimalkan dukungan untuk perangkat jenis ini.

Google menyatakan, untuk membantu aplikasi berjalan dengan baik, pihaknya telah membuat beberapa perbaikan di Android Q, termasuk perubahan terhadap fitur onResume dan onPause untuk mendukung multi-resume serta memperbaiki fitur resizeable activity.

6. Mode Gelap Otomatis

Mode gelap atau dark mode sebenarnya sudah ditanamkan di Android Q versi Beta 1. Ke depannya, fitur ini bakal berjalan otomatis dengan jadwal yang bisa diatur sesuka hati.

Selain itu, mode gelap akan menyala secara otomatis ketika baterai smartphone melemah. Google memang pernah menyatakan kalau mode gelap bisa bantu merawat umur baterai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *